Analisis Pengaruh LKPD Berbasis QR-Code dan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kelas XI SMA Nuris Jember Materi Alat Optik

Ike Kumala Sari

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh LKPD berbasis QR Code dan quizizz terhadap hasil belajar kelas XI SMA Nuris Jember materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey lapangan atau observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket atau kuisioner. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik Kelas XI. Hasil penelitian diambil menggunakan nilai pretest dan posttest dengan media quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest karena pengaruh media yang digunakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa media LKPD berbasis QR Code dan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar kelas XI SMA Nuris Jember materi alat optik.


Keywords


LKPD, Optik, QR Code, Quizizz

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., D. (2020). Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Aini, Y. I. (2019). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK PEMBELAJARAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI BENGKULU | Kependidikan. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Akhlis, I., Susilo, S., & Putra Arfiansyah, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Alat Optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66–74.

Bagja, S., dan W., Mayasari. (2019). PERANAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Warta, 60(3), 1–10.

Nirsal. (2012). Perangkat lunak pembentukan bayangan pada cermin dan lensa. Jurnal Ilmiah d’Computare, 2(1), 24–33.

Parlindungan, D. P., Mahardika, D. P., Dan Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Rubiati, N., dan Harahap, S. W. (2019). Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Qr Code Dengan Bahasa Pemrograman Php Di Smkit Zunurain Aqila Zahra Di Pelintung. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 11(1), 62–70.

Saleh, N., Saud, S., dan Asnur, M. N. A. (2018). Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia - Test Repository. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57.

Satrianingsih, C., Shariani, S., & Dewi, N. F. (2016). Journal of Innovative Science Education. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Suganda, T., Parno, & Sunaryono. (2021). Identifikasi Argumentasi Ilmiah Siswa Topik Gelombang Bunyi dan Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1413–1417.

Sugiana, D., Dan Muhtadi, D. (2019). Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 | Sugiana | Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.816




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i3.35357

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF - 433 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter