ANALISIS PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN GELOMBANG KELAS XI SMA BAITUL ARQOM

alfi kurnia

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang berisi petunjuk, langkah-langkah kegiatan pembelajaran serta tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi persamaan gelombang kelas XI SMA BAITUL ARQOM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan didukung dengan analisis data secara kuantitatif dan analisis angket melalui pemberian soal pre-test dan post-test. Pengerjaan dilakukan secara berkelompok dan hasil observasi ditinjau dengan rata – rata nilai yang diperoleh semua kelompok saat pre-test dan post-test. Dengan rata – rata tersebut maka dapat dibandingkan nilai siswa sebelum diterapkan media pembelajaran LKPD dan nilai siswa setelah menggunakan media pembelajaran LKPD. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKPD memberikan pengaruh yang sangat penting dalam hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya LKPD yang telah dirancang guna memberikan pembahasan yang lebih praktis serta mudah dipahami oleh peserta didik. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara LKPD dengan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan gelombang kelas XI SMA Baitul Arqom.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.35431

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter