Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Pada Materi Optik Geometri

Aminatus Sa'diah

Abstract


Pembelajaran merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik baik secara langsung ataupun tidak langsung. Di era modernisasi sekarang ini banyyak sekali penerapan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai penyongkong keberhasilan belajar mengajar salah satunya penggunaan media vidio animasi yang berbasis media visual dan suara. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis efektivitas penerapan media pembelajaran vidio animasi berbasis audio visual pada materi optik geometri tingkat SMA. Pada penelitian ini menggunakan  metode eksperimen dan deskripsi data. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa keefektivan media pembelajaran vidio animasi berbasis audio visual pada materi optik geometri tingkat SMA ini efektif dapat dilihat dari hasil inputan nilai yang didapatkan peserta didik sebelum penerapan vidio animasi dan sessudah penerapan vidio animasi

Keywords


Media Pembelajaran, Vidio animasi

Full Text:

PDF

References


Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Nana. (2022). Inovasi Pembelajaran Fisika Edisis Revisi. Jawa tengah: Penerbit Lakeisha.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2).

Sakdiah, H. (2022). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. Bandung: Media Sains Indonesia.

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198–202.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Wahyudi, E. E., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2018). Pembelajaran Optika Geometri Melalui Problem Based Learning (Pbl) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma Kelas X Tahun 2014/2015. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 49. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17842




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i1.35451

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter