Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Materi Listrik Statis Untuk Siswa SMA Islam Al-Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.35460Keywords:
LKPD, scientific, effectivenessAbstract
Rata-rata siswa SMA Islam Al-Hidayah Mangli sudah baik dalam memahami materi listrik statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian LKPD berbasis saintifik pada siswa SMA Islam Al “ Hidayah. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan dan kemampuan siswa SMA Islam AL “ Hidayah dengan metode penelitian yang dilakukan yakni memberikan tes pemahaman (postest) mengenai materi listrik statis. Lalu memberikan kuesioner atau angket respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD tersebut.References
Herman, dan Aslim. 2015. PENGEMBANGAN LKPD FISIKA TINGKAT SMA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika. 4 (1) : 113-114.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Maryani, L., Sunyono., dan Abdurrahman. Efektivitas LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. 1-12
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.
Salam, A., N. Kuswanti., N. Hayati. 2021. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN UNTUK KELAS VII SMP. Discovery 6 (1) : 28-37.
Setiabudi, A., A. Susanta., D. Maulidiya. 2019. EFEKTIFITAS LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2) : 228-242.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).