Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Materi Listrik Statis Untuk Siswa SMA Islam Al-Hidayah

Annisa Dzikro Mashuri

Abstract


Rata-rata siswa SMA Islam Al-Hidayah Mangli sudah baik dalam memahami materi listrik statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian LKPD berbasis saintifik pada siswa SMA Islam  Al – Hidayah. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan dan kemampuan siswa SMA Islam AL – Hidayah dengan metode penelitian yang dilakukan yakni memberikan tes pemahaman (postest) mengenai materi listrik statis. Lalu memberikan kuesioner atau angket respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD tersebut.


Keywords


LKPD;scientific;effectiveness

Full Text:

75-79

References


Herman, dan Aslim. 2015. PENGEMBANGAN LKPD FISIKA TINGKAT SMA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika. 4 (1) : 113-114.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Maryani, L., Sunyono., dan Abdurrahman. Efektivitas LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. 1-12

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.

Salam, A., N. Kuswanti., N. Hayati. 2021. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN UNTUK KELAS VII SMP. Discovery 6 (1) : 28-37.

Setiabudi, A., A. Susanta., D. Maulidiya. 2019. EFEKTIFITAS LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2) : 228-242.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.35460

Article Metrics

Abstract view : 191 times
75-79 - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter