ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Faiza Maulina, Ida Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok momentum dan impuls. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA/MIA SMA Negeri dan SMA Swasta. Sampel yang diambil sebanyak dua sekolah, masing-masing satu SMA Negeri dan satu SMA Swasta. Untuk SMA Negeri yang dijadikan sebagai sampel adalah MAN 2 Model Medan untuk SMA Swasta adalah MAS Muallimin UNIVA Medan. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil dari analisis penelitian, rata-rata siswa yang mengalami kesulitan melakukan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls berada dalam kategori kurang mampu. Hal ini dapat dilihat pada tahap memahami masalah diperoleh persentase sebesar 57%, pada tahap menyusun rencana pemecahan masalah 48%, untuk tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah sebesar 43%, dan pada tahap mengecek dan mengevaluasi solusi sebesar 32%. Kesulitan terbanyak yang dialami siswa dalam memecahkan masalah  untuk soal momentum dan impuls adalah pada tahap mengecek dan mengevaluasi solusi.


 

ABSTRACT

This study aims to determine students' problem solving abilities on the subject matter of momentum and impulse. This type of research is descriptive. The population in this study were all students of class XI majoring in IPA / MIA SMA Negeri and SMA Private. The samples taken were two schools, each one public high school and one private high school. For public high school which is used as a sample is MAN 2 Medan Model for private high school is MAS Muallimin UNIVA Medan. The sampling technique was simple random sampling. The data collection technique was carried out using a written test in the form of description questions. Based on the results of the research analysis, on average students who have difficulty solving problems on momentum and impulse material are in the underprivileged category. This can be seen at the stage of understanding the problem obtained a percentage of 57%, at the stage of compiling a problem-solving plan of 48%, for the stage of implementing the problem-solving plan by 43%, and at the stage of checking and evaluating the solution by 32%. The most difficulty experienced by students in solving problems for momentum and impulse problems is at the stage of checking and evaluating solutions.

 


Keywords


Kata Kunci: Analisis, kemampuan pemecahan masalah, momentum dan impuls

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., dan Jabar, C.S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dwi, I M., Arif, H., dan Sentot, K. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 9.

Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hamzah., A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kemristekdikti. (2018a). Pengembangan IPTEK dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieve from https://www.risetdikti.go.id/pengembanganiptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-industri-4-0/ (Diakses 20 Oktober 2019).

Nursita, Darsikin, dan Syamsu. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(2): 18-23.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sahyar & Hasim, R. (2015). Efek Model Pembelajaran Berbasis MasalahTerhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A.2013/2014. Jurnal Inafi, 3(2): 124-131.

Situmorang, B. (2013). Penelitian Pendidikan Konsep dan Implikasi. Medan: Unimed Press.

Sujarwanto, E., Hidayat, A., dan Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1): 65-78.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.35763

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter