Penurunan Kadar Mn Dan Fe Air Sumur Gali Dengan Filtrasi Bahan Pasir Silika, Karbon Aktif Serat Daun Nanas, dan Zeolit

Ety Jumiati, Abdul Halim Daulay, Pitri - Ramayani

Abstract


Penelitian ini sudah dilakukan bertujuan mengenali bagaimana mutu air sumur gali saat sebelum serta sesudah difilter dengan bahan pasir silika, karbon aktif serat daun nanas, serta zeolit, kemudian guna mengenali desain pemfilteran sehingga menghasilkan air bersih dengan kualitas terbaik. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Peneliti memakai air sumur gali yang berasal dari Kawasan Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli Provinsi Sumatera Utara. Media pemfilteran menggunakan pipa bening berdiameter 3 inci dengan panjang 80 cm. Komposisi pemfilteran sampel A, B, dan C sebesar 22%:45%:33%; 33,5%:33,5%:33%; dan 45%:22%:33%. Mutu air sumur gali saat sebelum pemfilteran telah penuhi standar air bersih kecuali pada parameter kadar Mn dan Fe. Dari hasil pengujian desain pemfilteran menunjukkan pada sampel C merupakan hasil yang optimal sebesar 92,3% dan 97,7%, sehingga menciptakan mutu yang penuhi PERMENKES RI Nomor 32 tahun 2017.

Kata kunci : Filter air, pasir silika, karbon aktif serat daun nanas, dan zeolit.

Keywords


fisika material

Full Text:

PDF

References


Aliaman. 2017. Pengaruh Absorbsi Karbon Aktif dan Pasir Silika Terhadap Penurunan Kadar Besi (Fe), fosfat (PO4), dan Deterjen Dalam Limbah Laundry.[Skripsi]. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Daulay, A.H., Manalu, K., Masthura. 2019. Pengaruh Kombinasi Media Filter Karbon Aktif Dengan Zeolit Dalam Menurunkan Kadar Logam Air Sumur. Journal of Islamic Science and Technology/Vol-4. No.2: Hal 91-96.

Sentosa, L., Subagio, B.S., Rahman, H., Yamin, R.A. 2018. Aktivasi Zeolit Alam Asal Bayah dengan Asam dan Basa sebagai Aditif Campuran Beraspal Hangat (Warm Mixed Asphalt). Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Setiawan, Ab.A., Shofiyani, A., Syahbanu, I. 2017. Pemanfaatan Limbah Daun Nanas (Ananas comusus) Sebagai Bahan Dasar Arang Aktif Untuk Adsorpsi Fe(II). Pontianak: Universitas Tanjungpura/Vol-6.No.3: Hal 66-74.

Setyorini, A.G., Mashadi, A., Rakhmawati, A. Peningkatan Kualitas Air Sumur Di Sumbersari, Purwodadi, Purworejo Dengan Metode Filtrasi Gravitasi.[Skripsi].Universitas Tidar.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i3.36445

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 208 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter