PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DIKELAS X SMA N 1 KUALUH LEIDONG

Raja Amin Rais Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan Physic Education Technology (PhET) simulation terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yg digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA N 1 Kualuh Leidong yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil melalu teknik rondom sampling, kelas yang diambil adalah X IPA I  sebagai kelas eksperimen dan X IPA II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 31.805 dan hasil pretest kelas kontrol 28,75. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu    <  1,666 pada taraf signifikan  dan dk = 70, dinyatakan h0 diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan, rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 71,25 dan kelas kontrol adalah 63,05. Hasil pengujian hipotesis  thitung > ttabel yaitu  3,294  >  1, 998 pada taraf signifikan  dan dk = 70,  dinyatakan bahwa ha diterima berarti ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan  model pembelajaran discovery learning berbantuan PhET simulation pada kelas eksperimen. Sehingga model pembelajaran discovery learning berbantuan Physic Education Technology (PhET) simulation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Discovery learning,  PhET simulation, hasil belajar.


Keywords


model pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dimyati. & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Irfandi, I., Deo, D. P., & Yulifda, T. (2022). Development of General Physics Teaching Materials Accompanied by ICARE-Oriented Student Worksheets Based on Mobile Learning Systems to Improve Student Learning Outcome. International Journal of Applied Science and Research, 5(1), 110–119. https://www.ijasr.org/paper/IJASR0042613.pdf

Irfandi, I., Faisal, F., Hasibuan, N. I., & Panggabean, D. D. (2018). THE DISSEMINATION OF TECHNOLOGY-BASED LEARNING MEDIA FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS IN THE DISTRICT OF SIJUNJUNG. Journal of Community Research and Service, 2(1). https://doi.org/10.24114/jcrs.v2i1.10491

Irfandi, Panggabean, D. D., & Lubis, R. H. (2022). Development of authentic test instruments with science literacy based on mobile learning system as a tool for evaluation of student learning outcomes. AIP Conference Proceedings, 2659(1), 120008. https://doi.org/10.1063/5.0113703

Kadri, muhammad & meika rahmawati. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor, jurnal ikatan alumni fisika UNIMED.hlm.5.

Nurhayati., Fadilah, S. & Mutmainnah. (2014). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media animasi software PhET terhadap hasil belajar siswa dalam materi listrik dinamis kelas x madrasah aliyah negeri 1 pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 4(2): 1-7. http://doi.org/10. 26740/jpfa.v4n2.p1-7

Panggabean, D. D., & Irfandi, I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Mata Kuliah Fisika Umum I. JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 2(1), 44-49

Panggabean, D. D., Irfandi, I., & Sinuraya, J. (2017). Improving of The Student Learning in Lectures of General Physics I by Collaborative Learning Model Based on Saintific Approach. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 94-101.

Panggabean, D. D., Sinuraya, J., Irfandi, & Butar, Y. B. (2022, November). Analysis of teaching material needs in the form of general physics e-modules based on scientific approach. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2659, No. 1, p. 120003). AIP Publishing LLC.

Panggabean, D. D., & Ramadhani, I. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan Whiteboard Animation. Media Sains Indonesia.

Sanjaya, A. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulthoni, F. (2008). Implementasi paradigma integrasi-interkoneksi pembelajaran fisika. Semarang: UIN Sunan Kalijaga.

Widia, wayan.(2020).Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.jurnal educational develomant, (Gianyar: FPUU),hlm.5.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i1.36683

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter