Video Pembelajaran Fisika Dengan Model Pengembangan 4D Pada Materi Fluida Statis Di SMA

Yuwita C. Timorensia Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan dan keefektifan Video pembelajaran. Untuk mengukur kelayakan video yang dikembangkan, dinilai oleh para ahli, diantaranya: ahli media, ahli materi, ahli Pembelajaran, guru mata pelajaran fisika, dan siswa. Sedangkan untuk melihat keefektifan video tersebut, dinilai oleh 40 orang siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model Pengembangan 4-D (define, design, development, dan disseminate). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori layak dari ahli materi (80,53%). ahli media (90,62%), dari guru fisika (84,7%). Sedangkan menurut ahli pembelajaran dan penilaian siswa, video yang dikembangkan masuk kategori sangat layak, masing-masing (86,60%) dan (81,4 %). Penilaian Keefektifan penggunaan video tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dimana diperoleh N-Gain sebesar 0,73 yang artinya video pembelajaran Fisika untuk materi Fluida Statis yang dikembangkan sudah layak dan cukup efektif untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Research and Development (R&D), 4-D

 


Keywords


Pendidikan Fisika, model pembelajaran, metode pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., (2013), Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Aswara, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Febriani, Deni. 2017. Psikologi Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social 229 media. Internet and Higher Education, 19, 18-26. http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University. Diakses 5 Oktober 2021 dari http://www.physics.indiana.edu

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nuzuliana, A. H., Fauzi, B. & Esmar, B. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Pada Materi Fluida Statis Di SMA. Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4:28-32

Priyadi, R., Kusairi, S. & Indrisari, N. (2018). Desain dan Pengembangan Video Pembelajaran Gerak Parabola Sebagai Fasilitas Remediasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 6(1): 20-28.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i3.36986

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter

 

slot gacor slot