PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SM II SMA CERDAS MURNI T.P 2014/2015

Betty M Turnip, Zulfa Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes essai dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 10,03 dan kelas kontrol adalah 8,25, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 13,08 dan kelas kontrol 7,28. Dari uji t diperoleh thitung = 3,60 sedangkan ttabel = 2,38 sehingga thitung > ttabel (3,60 > 2,38). Melalui uji t tersebut diperoleh bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan model ini hendaknya memahami setiap fase pada model pembelajaran ARIAS dan diharapkan lebih dapat mengembangkan penelitian dengan pemilihan sampel yang tepat.


Keywords


model pembelajaran ARIAS, konvensional, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i1.3737

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter