Pengaruh Variasi Massa Pasta Karbon Biji Labu Kuning Terhadap Tegangan, Arus dan Daya Listrik Pada Baterai Bekas Pakai 1,5 V

Ety Jumiati, Ratni - Sirait, Nurhaliza - Nurhaliza

Abstract


Baterai bekas pakai AA 1,5 V apabila dibuang sembarangan akan menghasilkan limbah yang berbahaya jika terkontaminasi dengan tanah. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah  dengan memanfaatkan biji labu kuning untuk dijadikan pengganti pasta karbon dengan penambahan jeruk nipis. Penelitian ini menggunakan tiga variasi massa sampel yaitu A (3 g), B (4 g) dan C (5 g). Ketiga sampel tersebut dilakukan pengujian menggunakan tiga buah baterai yang telah diganti karbonnya dengan menggunakan biji labu kuning. Adapun hasil tegangan tertinggi yaitu sampel C dengan tegangan 3,65 V,  arus listrik 0,87 mA, daya listrik 2,80 mW dan juga pengaplikasian lampu LED 3,3 V selama 2 jam. Kemampuan pasta karbon biji labu kuning dengan massa 5 g menghasilkan penurunan tegangan lebih tinggi dibandingkan dengan massa 3 g dan 4 g selama 2 jam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan  bahwa semakin besar massa yang digunakan maka tegangan arus dan daya listrik yang dihasilkan juga besar.

 

Kata kunci : baterai bekas, biji-bijian, sifat kelistrikan.

Keywords


fisika material

Full Text:

PDF

References


Anggreani, C. N, (2020), Kulit Pisang Sebagai Bio-Baterai Ramah Lingkungan (Biodegradable). 1-8.

Hidayat, M. I., & Suprapto, (2017), Pemisahan Mangan Dioksida (MnO2) dari Limbah Pasta Baterai dengan Metode Elektrolisis. Jurnal Sains dan Seni ITS, VOL.6 , No (2), 36-40.

Nuranisa, Irfan, A. M., Iqbal, A. M., & Dewi, S. S, (2021), Diseminasi Olah Praktis pada Ibu PKK Dusun Kallimpo dalam Pengolahan Limbah Kulit Pisang menjadi Bio-Baterai. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 103-110.

Putra, G. I., Muppariqoh, & Mi'rajun, N, (2013), Bio-Baterai Daun Singkong ( Manihot Utilissima) Sebagai Solusi Atasi Krisis Energi Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan, Institute Pertanian Bogor.

Rukisworo, L, (2021), Pemanfaatan Limbah Buah Busuk Sebagai Baterai Ramah Lingkungan Sekolah Untuk Menanamkan Jiwa Kreatifitas dan Inovasi Murid. 1(1), 1-10.

Salafa, F., Hayat, L., & Ma'ruf, A, (2020), Analisis Kulit Buah Jeruk (Citrus Sinensis) Sebagai Bahan Pembuatan Elektrolit Pada Bio-Baterai. Jurnal Riset Rekayasa Elektro, 2 (1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.37973

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter