Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum Dan Impuls SMA N 11 Medan

Dian Dorkas Pandiangan, Nurdin Siregar

Abstract


Penelitian ini telah berhasil mengembangkan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Berbasis Discovery Learning pada materi momentum dan impuls. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA N 11 Medan berjumlah 10 orang dalam uji kelompok kecil dan kelas X IPA 4 SMA N 11 Medan berjumlah 36 orang dalam uji kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4-D Models oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli desain, instrumen soal pre-test dan post-test dan angket respon pengguna terhadap LKPD Berbasis Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan LKPD Berbasis Discovery Learning pada materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan didalam kelas, berdasarkan hasil uji validasi ahli materi (90%) dan ahli desain (95%). Berdasarkan data yang diperoleh dari N-gain, LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls dengan nilai 0,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Discovery Learning yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dikelas.


Keywords


Pengembangan, LKPD, Discovery Learning, Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


zizah, A. N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Kelas XI Semester II. Tesis, Unimed. Medan.

Gabriel,S., dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol 6 No 1

Gunawan dan Siregar N. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika”. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 2, (4), 2461-1247.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, A. Pengembangan Lembar Kerja Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan memprefiksi, mengukur, dan mengkomunikasikan pada peserta didik kelas X SMAN 11 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Radiasi. Vol 2(9)

Sintia, R. Abdurrahman. W, Ismu. 2014. Pengembangan LKS Model Discovery Learning melalui pendekatan Saintifik materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan, 5(2).

Susanto., & Ida, R. M (2020). Neurosains Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik Sd Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan tinggi Agama Islam. 19(2): 331-348.

Silaban, Rani. N. (2018). “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Virus di kelas X MIA SMAN 8 Medan. Medan: UNIMED.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis, Prestasi Pustaka, Jakarta

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wilis Dahar, ratna. (2011). Teori-Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i1.39433

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter