Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.39639Keywords:
Pengembangan, Instrumen Tes, Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes dilihat dari validitas, reliabilitas, objektifitas, praktibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada instrumen tes berbasis kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 percut Sei Tuan pada kelas XII IPA 3 dengan jumlah 10 siswa kelompok kecil dan 40 siswa kelompok besar. Instrumen tes disusun dalam bentuk esai mengacu pada indikator soal, dan aspek pemecahan masalah. Berdasarkan dari uji kelompok kecil terdapat 10 dari 15 soal yang dapat di uji coba di skala besar. Uji kelompok besar diperoleh 8 soal dalam kategori valid, nilai reliabilitas sebesar 0,8 dengan katagori reliabilitas tinggi. Objektifitas isntrumen tes berada pada rentang nilai 17,50-63,33, praktibilats instrumen tes dengan presentase 88% dengan kategori praktis, tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang nilai 0,18-0,63 dan daya beda butri soal berada pada nilai 0,10-0,52. Dapat disimpulkan dari keseluruhan hasil pengujian bahwa instrumen tes berbasis keterampilan pemecahan masalah dengan jumlah 8 soal layak digunakan dan 2 soal ditolakReferences
Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur [Learning evaluation:Principles, techniques, and procedure]. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Derlina, and Melda Irmawati Sihotang. 2013. œPengaruh Model Pembelajaran Berbasis Materi Pokok Optik Geometri Kelas X Sma St . Yoseph Medan. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 423“29.
Derlina, Satria Mihardi, Alkhafi Siregar, and Abd S. 2021. œNeed Assessment for Authentic Assessment In E-Learning (Schoology) Systems to Support Learning During Covid-19.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.
Lestari, P. E., Purwanto, A., & Sakti, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 161“168.
Lilik, A., & Woro, S. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Hukum Newton. Inovasi Pendidika Fisika, 50-58
Nugroho, A. (2018). HOT (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran Penilaian dan soal-soal). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOT (Higher Order Thinking s). Tangerang: Tira Smart.
Silva, F.,A., dan Sabani. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 70-78.
Situmorang, H. F., & Bunawan, W. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Materi Gerak Parabola. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).