Analisis Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Konsep Cahaya

Sinta Laela Saharoh

Abstract


Hakikat pembelajaran fisika merupakan salah satu ilmu sains atau cabang ilmu yang membahas dan mengkaji tentang gejala alam, sehingga dalam menguasai konsep yang berkaitan dengan ilmu sains khususnya fisika perlu adanya sebuah eksperimen atau pengumpulan data dalam membuktikan suatu konsep tersebut sehingga dapat dipercaya, jika hanya dengan pemahaman dari buku atau mendengar penjelasan dari pihak lain kita tidak dapat mengerti.T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dasar cahaya oleh berbagai tingkatan siswa di kelas pada jenjang SD, SMP dan SMA di salah satu daerah di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena masalah yang diteliti sangat kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, data yang diperoleh dari informan dikumpulkan dengan cara yang lebih alami, melalui wawancara tatap muka dengan informan, sehingga menghasilkan jawaban yang alami. Selain memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kondisi sosial, kita akan menemukan pola, hipotesis, dan teori yang sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan. Subyek penelitian ini adalah satu siswa dan satu siswa dari setiap kelas pada setiap jenjang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban siswa/i pada jenjang SD cenderung sederhana, berbeda dengan jawaban siswa/i pada jenjang SMA yang cenderung lebih kompleks daripada jenjang SD dan SMP. Selain itu, siswa cenderung lebih berani dan agresif dibandingkan siswi. Hal ini dapat dilihat dari sikap yang ditunjukkan siswa maupun siswi saat proses wawancara berlangsung.


Keywords


SD; SMP; SMA; Siswa

Full Text:

PDF

References


Agra, G., Soares, N., Simplício, P., Lopes, M. M., Melo, M. das gracas, & Lima da Nóbrega, M. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255.

Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41

Ermawati, S. (2022). Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 259-266.

Kafah, A. K. N., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development of video learning media based on powtoon application on the concept of the properties of light for elementary school students. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6825

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik Pada MAteri Cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/23143/9291

Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Rahmawati, S. : A., Kusairi, S., Diantoro, & M., Analisis, ", Konsep, P., Smp, S., Cahaya, M., Optik, A., Pendidikan, J. R., Rahmawati, A., Diantoro, M., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 6(1), 47–54. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sutrisna, Nana. "Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh." Jurnal Inovasi Penelitian 1.12 (2021): 2683-2694. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/530

Karen E. Kalumuck (2000). Human body explorations: hands-on investigates of what makes us tick

Gregory Hallock Smith (2006). Camera lenses: from box camera to digital

Narinder Kumar (2008). Comprehensive Physics XI




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i3.40818

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter