Analisis Literasi Sains Siswa SMA Pada Materi Efek Rumah Kaca

Nadia Laila Sari

Abstract


Abstrak

Literasi sains siswa SMA merupakan pengetahuan serta kecakapan ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik SMA untuk dapat mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, dan mengambil kesimpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, sadar bagaimana sains dan teknologi dapat membentuk lingkungan alam, serta peduli terhadap isu-isu yang berkaitan dengan sains. Efek rumah kaca merupakan kondisi dimana suhu benda permukaan langit seperti planet dan bintang meningkat secara drastis yang disebebkan oleh perubahan kondisi dari komposisi serta keadaan atmosfir yang mengelilingi benda langit. Materi efek rumah kaca ini merupakan materi yang penting bagi siswa SMA. Literasi sains siswa SMA pada materi efek rumah kaca sangat penting untuk diketahui agar kita dapat mengetahui seberapa peduli siswa SMA terhadap isu-isu yang berkaitan dengan sains yang berkaitan dengan materi efek rumah kaca. Tujuan dari penelian ini yaitu untuk menganalisi literasi sains siswa SMA pada materi efek rumah kaca. Metode yang digunakan dalam materi ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan metode literatur review. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan literasi sains siswa SMA pada materi efek rumah kaca masih rendah. Hal ini dilihat dari beberapa sumber informasi yang dilakukan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Literasi Sains; Efek Rumah Kaca.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buana, A. A. N. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Elektronik Berorientasi Lingkungan Pada Materi Pemanasan Global (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Dewi, P. S. (2016). Kemampuan proses sains siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran ipa terpadu pada tema global warming. Edusains, 8(1), 18-26.

Iswantini, W. (2017). Validitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 6(3).

Jordan, M. (2020). Edukasi Efek Rumah Kaca Terhadap Perubahan Iklim Melalui Game Android Berbasis Accelerometer (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang).

Kurnia, A. (2021). Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(02), 1-9.

Pratama, R. (2019). Efek rumah kaca terhadap bumi. Buletin Utama Teknik, 14(2), 120-126.

Purwatiningsih, T. R., & Prastowo, S. H. B. (2017). ANALSIS PEMAHAMAN KONSEP MEKANISME EFEK RUMAH KACA PADA SISWA KELAS XII SMA/MA DI KABUPATEN JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 6-6.

Setyaningtyas, R. F., Sarwanto, S., & Prayitno, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Fkip E-Proceeding, 3(1), 328-334.

Widiawati, W., Susongko, P., & Widiyanto, B. (2019). Pembelajaran model double loop problem solving berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 3(2), 86-93.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i3.40994

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter