Desain dan Pengembangan Perangkat Perkuliahan Mata Kuliah Fisika Umum Berbasis STEM Pada Materi Mekanika

Irham Ramadhani, S.Pd., M.Pd, Purwanto Purwanto, Lihardo Rotua Sinaga

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Fisika Umum berbasis STEM pada materi mekanika. Perangkat perkuliahan dikembangkan berdasarkan pendekatan STEM, sehingga pembelajaran fisika umum siswa dapat diterapkan pada mahasiswa jurusan rumpun MIPA pada umumnya. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah analisis CPL dan CPMK, peta kompetensi mata kuliah, RPS, bahan ajar, media, panduan praktikum, LKM, dan instrumen evaluasi. Bahan ajar telah divalidasi oleh ahli materi dan media dengan kategori sangat baik. Selanjutnya perangkat perkuliahan juga telah dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa dan hasilnya dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEM yang dikembangkan dapat digunakan dalam perkuliahan Fisika Umum pada materi Mekanika.


Keywords


Perangkat Perkuliahan, Fisika Umum, STEM, Mekanika

Full Text:

PDF

References


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Brad, A. 2011. A Study of The Problem-Solving Activity in High School Student: Strategies and Self-Regulated Learning. Acta Didactica Napocensia. (Online), 4(1): 21-30.

Erceg, N., Masusic, M. & Slisko, J. (2011). Sudents’ Strategy for Solving Partially Specified Physics Problem. Revista Mexicana De Fisica. (Online), 57 (1): 44- 50, (http://www.rmf.fciencias.unam. mxpdfrmf- e57157_1_0044.pdf)

Ornek, dkk. (2008). Whats Makes Physics Difficult? International Journal of Environmental & Science Education.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, & M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Bloominton: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.

Walsh, L. N., Howard, R. G. & Bowe, B. 2007. Phenomenography Study of Students’ Problem Solving Approach in Physics. Physics Education Research. (Online). 3 (2): 1-12. (http://www.prstpe. orgpdfPRSTPER v3i2e020108).

Wijayanti, P.I., Mosik & Hindarto, N. (2010). Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6: 1-5




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i4.41899

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter