ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MEDAN

Srinia Khairani, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal – soal fisika. Jenis penelitian ini adalah deskrptif dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika di SMA Kota Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA di kota Medan kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dan didapatkan enam sekolah yang dijadikan sampel yakni sekolah SMA Negeri 2 Medan, SMA Negeri 11 Medan, SMA Negeri 13 Medan,  SMA As – Syafiiyah Internasional Medan, SMA Swasta Taman Siswa Medan, SMA Dharma Pancasila Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, rata – rata siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI MIA SMA kota Medan berada dalam kategori kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada indikator mendeskripsikan soal diperoleh persentase sebesar 63% siswa mengalami kesulitan, pada indikator pendekatan fisika sebesar 54%, penggunaan rumus fisika sebesar 48% siswa mengalami kesulitan, indikator perhitungan matematika 41%, dan kesesuaian jawaban sebesar 61%. Kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah pada kategori mendeskripsikan soal.


Keywords


Kesulitan Menyelesaikan Soal Fisika

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2007). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aini, R. N. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Pisa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2):159.

Aisyah, N. H. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Arikunto, s., & Jabar, C. S. (2014). Evaluasi Program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktis pendidikan edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 5(2):44-50.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka CIpta.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta: Puskur. Dit. PTKSD.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen pendidikan nasional .

Doctor, J. L., et al . (2016). Assessing Student Written Problem Solutions: A Problem-Solving Rubric With Application to Introductory Physics. Physical Review Physics Education Research, 12(1) : 4 - 6.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12551

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter