Pelatihan dan Pendampingan Guru Fisika SMA KCD Wilayah XI dan X Jawa Barat dalam Merancang Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Julia Maysarah Rosha, Anisa Tri Rahayu, Eka Diah Damayanti, Diastati Puspita Ning Ayu, Sisda Ferlianti, Sisda Ferlianti

Abstract


ABSTRAK

Telah dilaksanakan pelatihan dan pendampingan guru fisika SMA di wilayah IX dan X Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk membimbing guru fisika SMA dalam merancang pembelajaran beserta asesmennya menggunakan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam laporan penelitan ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu berupa gambaran terkait aktivitas pembelajaran berkelanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh 58 guru fisika SMA. Peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu A dan B masing-masing 28 peserta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner terdiri dari 25 pernyataan yang diberikan untuk mendapatkan jawaban dengan menggunakan pengetahuan ataupun perasaan sendiri dari responden. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Adapun bentuk jawaban skala Likert terdiri dari sangat tidak setuju, tidak setuju, kurang setuju, setuju, dan sangat setuju, dan diberi skor 5, 4, 3, 2, dan 1. Berdasarkan hasil analisis rata-rata penilaian peserta terkait penyampaian materi yang disajikan oleh narasumber diperoleh respon positif dengan kategori “Sangat Setuju”. Begitupun dengan hasil analisis rata-rata penilaian mekanisme kegiatan dan materi fisika.

 

 

ABSTRACT

Training and mentoring of high school physics teachers has been carried out in regions IX and X of West Java. This activity aims to guide high school physics teachers in designing lessons and their assessments using an independent curriculum. The method used in this research report is descriptive quantitative in the form of an overview related to continuous learning activities. This activity was attended by 58 high school physics teachers. Participants were divided into two groups, namely A and B each with 28 participants. Data collection instruments used were questionnaires and documentation. The questionnaire consists of 25 statements given to get answers using the knowledge or feelings of the respondents themselves. The measurement scale used in this study is the Likert scale. The Likert scale answer forms consist of strongly disagree, disagree, disagree, agree, and strongly agree, and are given a score of 5, 4, 3, 2, and 1. Based on the results of the analysis of the average participant assessment regarding the delivery of the material presented by the informant obtained a positive response with the category "Strongly Agree". Likewise with the results of the analysis of the average assessment of the mechanism of activity and physics subject.


Keywords


Rancangan pembelajaran, asesmen, skala likert, materi fisika, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Arifin, Z. (2011) Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1.

Arsyad, M. dkk. (2019). PKM bagi Guru IPA Fisika se-Kabupaten Maros. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar ISBN: 978-623-7496-01-4.

I. Wayan Cong Sujana. (2019) “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA,” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1: 30–32.

Kemendikbud, "Taklimat Media Awal Tahun: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Capaian 2020 dan Sasaran 2021." hal. 42

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72.

Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Rahayu, R. dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6313-6319.

Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279.

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 181-182.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i4.42299

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter