PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SEMESTER II MTsN PANYABUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Lesson dan 30 siswa kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII MTsN Panyabungan. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Lesson pada materi kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016 secara signifikan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nori, R. D. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran, Satuan, Dan Pengukuran Di Kelas X Semester I SMA Negeri 17 Medan T. P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.
Riyadi, U. (2008).Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Kegiatan Laboraturium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pokok Bahasan Fluida Statis, Tesis, Semarang.
Rohimah, A. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan T. P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.
Sari, S. R. 2013.Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013. Skripsi. FMIPA, Unimed, Medan.
Sudjana. (2009).Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.
Tiarmaida. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.
Wenning, C. J. (2010).The Levels of Inquiry Model of Science Teaching.Illinois State University Physic Dept. J. Phys. Tchr. Educ. Online,6(2), Summer 2011
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4367
Article Metrics
Abstract view : 403 timesPDF - 453 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142