PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SEMESTER II MTsN PANYABUNGAN

Rizki Fadilah, Khairul Amdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap hasil belajar siswa pada materi  kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Lesson dan 30 siswa kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel berdasarkan teknik  cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII MTsN Panyabungan. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Lesson pada materi kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016 secara signifikan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Inquirí Lesson; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Nori, R. D. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran, Satuan, Dan Pengukuran Di Kelas X Semester I SMA Negeri 17 Medan T. P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.

Riyadi, U. (2008).Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Kegiatan Laboraturium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pokok Bahasan Fluida Statis, Tesis, Semarang.

Rohimah, A. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan T. P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.

Sari, S. R. 2013.Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013. Skripsi. FMIPA, Unimed, Medan.

Sudjana. (2009).Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.

Tiarmaida. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Skripsi. FMIPA Unimed, Medan.

Wenning, C. J. (2010).The Levels of Inquiry Model of Science Teaching.Illinois State University Physic Dept. J. Phys. Tchr. Educ. Online,6(2), Summer 2011




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4367

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter