PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Purwanto Purwanto, Juwairiah Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah  quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling yaitu didapatkan siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan adalah tes uraian berjumlah 10 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan data yang sudah terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan  = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 33 dan kelas kontrol adalah 30,79. Dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71,73 dan kelas kontrol 48,84. Hasil uji t satu pihak Ha diterima t hitung > t tabel (13,39 >1,686), maka kesimpulan dari hasil uji t adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar pada materi fluida statis.


Keywords


Teams Games Tournament; Monopoli; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, S., (2007), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Arsyad, A., (2014), Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Dimyati, dan Mujdiono., ( 2013), Belajar dan Pembelajara, Rineka Cipta, Jakarta

Egi, G. A., dkk, (2013), Penggunaan Permainan Monopoli Fisika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Jurnal Radiasi Vol 4 (1)

Giancolli, D. C., (2001), Fisika Edisi Kelima Jilid II, Erlangga, Jakarta

Haryadi, B., (2009), Fisika untuk SMA/MA untuk Kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Isjoni., (2009), Cooperative Learning,Alfabeta, Bandung.

Kanginan, M., (2007), Fisika untuk SMA kelas XI, Erlangga, Jakarta

Sardiman., (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sariyanti, M., dkk, (2015), Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Disertai Tugas Terbuka (Open Ended) Yang Diorientasikan Dengan Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Surabaya Topik Fluida Statis, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol 4 (2): 28-32

Sanjaya,W.,(2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Slameto., (2010), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta

Slavin, R. E., (2005), Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik, Nusa Media, Bandung

Sudjana., (2005), Metode Statistika, Tarsito, Bandung

Sukmadinata, dan Nana S., (2003), Pengembangan Kurikulum, Remaja Rosdakarya Bandung

Suryani, N., (2012), Strategi Belajar Mengajar, Ombak Dua, Yogyakarta

Trianto., (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta

Velo, A., dkk, (2013), Fostering students’ attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments, International Journal 59-64




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4368

Article Metrics

Abstract view : 636 times
PDF - 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter

 

slot gacor slot