PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN METODE CURAH PENDAPAT(BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1PARBULUAN T.P 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming)terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini ada dua macam yaitu hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I, (2008), Learning to
Teach. Belajar Untuk
Mengajar,. Pustaka Belajar,
Yogyakarta
Arikunto, S., (2010), Prosedur
Penelitian, PT Rineka Cipta,
Jakarta.
Dahar., (2006), Teori Belajar dan
Pembelajaran, Erlangga,
Jakarta
Dimyati dan Mudjiono., (2012),
Belajar dan Pembelajaran,
Rineka Cipta, Jakarta
Giancolli., (2001), Fisika, Erlangga,
Jakarta.
Istarani., (2012), Kumpulan 39
Metode Pembelajaran, CV.
Iscom Medan, Medan
Kanginan, M., (2013), FISIKA untuk
SMA Kelas XI, Erlangga,
Jakarta
Purwanto., (2011), Evaluasi Hasil
Belajar, Pustaka Belajar,
Yogyakarta
Sudjana,N., (2009), Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya,
Bandung.
Sudjana., (2001), Metode dan Tehnik
Pembelajaran Partisipatif,
Falah Production, Bandung
Sudjana., (2005), Metode Statistika,
Tarsito, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4372
Article Metrics
Abstract view : 360 timesPDF - 301 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142