PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN METODE CURAH PENDAPAT(BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1PARBULUAN T.P 2015/2016

Yuni Theresia Br Karo, Eva Marlina Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming)terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini ada dua macam yaitu hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016.


Keywords


Quasi Eksperimen; Pembelajaran Kooperatif tipe kelompok ; investigasi (group investigation); metode curah pendapat (brainstorming) Konvensional

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I, (2008), Learning to

Teach. Belajar Untuk

Mengajar,. Pustaka Belajar,

Yogyakarta

Arikunto, S., (2010), Prosedur

Penelitian, PT Rineka Cipta,

Jakarta.

Dahar., (2006), Teori Belajar dan

Pembelajaran, Erlangga,

Jakarta

Dimyati dan Mudjiono., (2012),

Belajar dan Pembelajaran,

Rineka Cipta, Jakarta

Giancolli., (2001), Fisika, Erlangga,

Jakarta.

Istarani., (2012), Kumpulan 39

Metode Pembelajaran, CV.

Iscom Medan, Medan

Kanginan, M., (2013), FISIKA untuk

SMA Kelas XI, Erlangga,

Jakarta

Purwanto., (2011), Evaluasi Hasil

Belajar, Pustaka Belajar,

Yogyakarta

Sudjana,N., (2009), Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya,

Bandung.

Sudjana., (2001), Metode dan Tehnik

Pembelajaran Partisipatif,

Falah Production, Bandung

Sudjana., (2005), Metode Statistika,

Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4372

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter