ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI KOTA MEDAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA (MEKANIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Ratna Tanjung, Muhammad Zul Abror Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMA Negeri di kota Medan pada pelajaran fisika khususnya pada materi mekanika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di kota Medan. Sekolah yang dijadikan sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan wilayah, yaitu pusat kota, tengah kota dan piggir kota masing masing adalah di SMAN 7 , SMAN 8 dan SMAN 11 Medan. Sampel kelompok responden tiap sekolah dipilih dengan mengunakan teknik Cluster Random Sapling dengan rincian SMAN 7 sebanyak 36 orang dan SMAN 8 sebanyak 38 orang dan SMAN 11 sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan menggunakan alasan. Soal tes diberikan sebanyak 15 soal tentang mekanika. Sebelum soal tes ini digunakan, terlebih dahulu instrument divalidasikan dengan menggunakan validasi isi. Setelah tes dilakukan di ketiga sekolah, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Certainty of Response Index. Hasil penelitian kepada siswa diperoleh miskonsepsi yang dialami siswa di SMAN 7 Medan kelas XI-4 sebesar 42,86%, tidak tahu konsep 40,07% dan menguasai konsep 19,07%. Di SMAN 8 Medan kelas XI-2 sebesar 47,19% mengalami miskonsepsi, 19,12% tidak tahu konsep dan 33,68%  menguasai konsep. Di SMAN 11 Medan kelas XI-4 sebesar 49,67% mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep 31% dan memahami konsep 19,3%. Rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi terhadap konsep-konsep fisika masih sangat tinggi, yaitu 46,57%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat miskonsepsi siswa terhadap fisika (mekanika) secara umum di kota ketiga sampel yang di teliti sangat tinggi.


Keywords


Metode Certainty Of Response Index; mekanika; miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2005. Metode Penelitian. Jakarta:. Rineka Cipta

Berg, E.V.D. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta

Dahar, Ratna Wilis.1991. Teori-Teori Belajar. Cetakan kedua. Bandung: Erlangga

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. 2009. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Progran Studi Pendidikan FMIPA UNIMED. Medan: Unimed

Halliday, David dan Resnik.1991 . Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Kasmiati, Sitti. 2005. Penggunaan Force Concept Inventory (FCI) dan Certainly of Response Index untuk Mengungkap Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. Kendari: FKIP Unhalu

Liliawaty,Winny dan Ramalis T.R. 2008. Profil Miskonsepsi Materi IPBA di SMA Dengan Menggunakan CRI ( Certainly Of Respons Index). Universitas Pendidikan Indonesia; Bandung

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 1 Untuk SMA/MA Kelas X . Jakarta: Depdikbud

Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Supiyanto.2006. Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tayubi, Y. R., (2002), Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika dengan menggunakan CRI (certainty of response indeks), Laporan akhir penelitian hibah Due-Like UPI tahun 2002, UPI, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4412

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter