PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA SWASTA HKBP SIBOLGA

Sabrianto Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil produk E-module berbasis problem based learning pada materi fluida statis siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Sibolga, untuk mengetahui hasil uji kelayakan e-module learning berbasis masalah menurut ahli materi dan ahli pembelajaran, dan untuk mengetahui tingkat keefektifan e-module problem based learning berbasis modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI SMA Swasta HKBP Sibolga. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta HKBP Sibolga. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Penelitian dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan diuji validitasnya oleh ahli materi dengan rata-rata aspek keseluruhan 85% dan untuk ahli pembelajaran rata-rata 84%. Dari data yang telah diperoleh rata-rata semua aspek yang diuji kelayakannya dalam e-modul dapat disimpulkan dengan data yaitu uji kelayakan guru, dari semua aspek rata-rata sebesar 84%, ini rata-rata secara kualitatif berada pada kategori sangat layak dan tingkat keefektifannya dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil tes belajar siswa sebesar 76,93%. Tingkat keefektifan pengembangan e-modul fisika pembelajaran berbasis masalah pada materi fluida statis berada pada kategori tinggi. Dari data yang telah diperoleh rata-rata semua aspek yang diuji kelayakannya dalam e-modul dapat disimpulkan dengan data yaitu uji kelayakan guru, dari semua aspek rata-rata sebesar 84%, ini rata-rata secara kualitatif berada pada kategori sangat layak dan tingkat keefektifannya dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil tes belajar siswa sebesar 76,93%. Tingkat keefektifan pengembangan e-modul fisika pembelajaran berbasis masalah pada materi fluida statis berada pada kategori tinggi. Dari data yang telah diperoleh rata-rata semua aspek yang diuji kelayakannya dalam e-modul dapat disimpulkan dengan data yaitu uji kelayakan guru, dari semua aspek rata-rata sebesar 84%, ini rata-rata secara kualitatif berada pada kategori sangat layak dan tingkat keefektifannya dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil tes belajar siswa sebesar 76,93%. Tingkat keefektifan pengembangan e-modul fisika pembelajaran berbasis masalah pada materi fluida statis berada pada kategori tinggi.


Keywords


problem-based learning e-module, static fluid.

Full Text:

64-70


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.45325

Article Metrics

Abstract view : 179 times
64-70 - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter