MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MM 1 SMK NEGERI 1 SURABAYA

Rendy Dwi Putra, Farahma Yuanita Yuanita

Abstract


“Dalam KBM, efektivitas kelas tidak dapat dipisahkan dari fungsi pengajar. Tanpa guru, proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung. Banyaknya metode, model, dan strategi pembelajaran yang sekarang digunakan hanya berfungsi untuk menyoroti betapa dominannya posisi mengajar. Instruktur mengasumsikan peran sentral dalam proses pembelajaran saat menggunakan teknik ceramah. Narasumber dalam pendekatan diskusi adalah instruktur. Dan sementara siswa terlibat dalam studi mandiri, tugas guru adalah untuk mendorong mereka dan sekaligus memantau tindakan mereka”.

“Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi adalah empat langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fisikawan di SMK Negeri 1 Surabaya menguji alat penelitian. Untuk data pembelajaran, siswa kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Surabaya diberi pertanyaan. Data diuji secara kualitatif dan kuantitatif”.

“Menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek untuk mengajar siswa kelas X MM 1 di SMKN 1 Surabaya dasar-dasar usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar fisika mereka, menurut penelitian ini. Energi materi dan fisika bekerja. Pada siklus I, 49 nilai tes berada pada kategori Kurang dan 71,5 pada kategori Cukup. Hasil belajar siklus I mengalami peningkatan ke siklus II. Pertanyaan penting, perencanaan, penjadwalan, pemantauan, evaluasi, penilaian, dan evaluasi adalah fase pembelajaran berbasis proyek”.

Keywords


Motivasi dan prestasi belajar, Belajar Fisika, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Abdul Gafur. 2001. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional.

Abdul Majid & Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan ilmiah dalam Implementasi

Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Abdul Majid. 2015. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Aiken, L.R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items orQuestionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40, hlm.955-959.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching,and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives.New York: Addison Wesley Lonman Inc.

A Suhaenah Suparno. 2011. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat JendralPendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Eeeva Reeder. 2007. The PBL Launch Pad: Worthwhile Projects for High SchoolStudents, Part 1. Diakses dari http://www.edutopia.org/designingworthwhile-pbl-project-high-school-students-part-1. Pada tanggal 19 Agustus 2018, jam 19.30 WIB.

Kemendikbud. 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta.

Marthen Kanginan. 2007. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: P2IS FMIPAUNY.

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakanketujuhbelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2002). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar Cetakan Kelima. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Resnick, Halliday. 2005. Fisika Dasar Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Setya Nurachmandani. 2009. Fisika 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta:PusatPerbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suharsimi Arikunto. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Erlangga.

______.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyadi. 2006. Manajemen dan Teknologi Pembelajaran IPA Fisika.Yogyakarta:FMIPA UN

Supriono Koes H. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: UM Press.

Suwarsih Madya. 2006. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Bandung:Alfabeta.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project-based Learning. Diaksesdari

http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf. Padatanggal 2 September 2019, Jam 19.00 WIB.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana PrenadWinataputra, US. 1993. Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta:Depdikbud.

Yamin dan Antasari. 2008.Teknik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa.Jakarta: GP Press

Yudipurnawan. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses dariZuhdan Kun Prasetyo. (2004). Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta :




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i3.47820

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter