Pengembangan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA

Sindy Puspita, Teguh Febri Sudarma, Ratna Tanjung, Muhammad Ridha Syafii Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak serta menguji kelayakan mobile learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan.. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall.  Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan  bahwa (1) aspek panduan dan informasi mobile learning dinilai layak dengan persentase 80%; (2) aspek kinerja program  dinilai sangat layak dengan persentase 86%; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan persentase 78%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari mobile learning dinilai sengat layak dengan persentase 95%; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan persentase 96% dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan persentase 96%. Hasil respon guru fisika SMA Al-Ma’shum Kisaran yaitu baik dengan persentase 80%. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, mobile learning yang dikembangakan mendapat respon sangat baik dengan persentase 85%. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, mobile learning berbasis android yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan persentase 87%. Tingkat keefektifan mobile learning berbasis android berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh 0,74 dengan ketegori sangat baik. Dengan demikian mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak untuk kelas X SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.


Keywords


Mobile learning; Android; Efektifitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. A. D, Sumarni, R. A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol. 3 (1): 57.

Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction, Fourth Edition, Longman, New York.

Darmawan, D. 2011. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Floro, Nick. 2011. Infoline Tips Tools and Inteligence for Trainers: Mobile Learning. Amerika: ASTD Press

Huda, A. 2013. Live Coding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: ANDI.

Hanna,. D, Sutarto, Harijanto. Alex. 2016. Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di sma. Jurnal pembelajaran fisika. Vol.5 (1) hal 23-29.

Herlinah., Musliadi. 2019. Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Kumar, S. 2013. E and M-Learning A Comparative study. International Journal on New Trends in Education and Their Implication. Vol. 4 (3): 65-78.

Oller, Rick. 2012. The Future of Mobile Learning. Educase Center for Applied Research: Louiseville.

Prensky, M. 2001a. Part II: Do They Really Think Differently?. On The Horizon NCB University Press, 9 (5).

Rusli. M., Hermawan. D., Supuwaningsih. N. N. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sriadhi,. 2019. Instrument Penilian Media Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sudjana, D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisifatif. Falah Production: Bandung.

Sudijono, A. 2016. Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.48483

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter