ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2018/2019

Kembang Hati, Muhammad Kadri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas XI semester I SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2018/2019.  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 8 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI MIPA 6 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbetuk essay dengan jumlah 8 soal yang sudah divalidasi, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan penilaian hasil belajar siswa. Analisis data pretes dan postes diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh  dan , hal ini menyatakan bahwa  yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 48 diperoleh dan , sehingga  maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 8 Medan.


Keywords


Model pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil belajar siswa; Aktivitas belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


AM, Sardiman, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Grafindo Persada, Jakarta.

Arikunto, S.(2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Elisa dan Fauzi, A., (2013), Jurnal Pendidikan Fisika. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbasis LKS Terstruktur.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2010), Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Penelitian Kependidikan, FMIPA UNIMED, Medan.

Handayani, S dan Damari A., (2009), Fisika untuk SMA/MA Kelas X, CV Adi Perkasa , Jakarta.

Hamalik, (2009), Aktivitas Pembelajaran, Tarsito, Bandung.

Lonn w Anderson Dkk (2015), Model Pembelajaran Cooperative Learnin. Rineka Cipta, Jakarta.

Munadi,Y, (2008), Media Pembelajaran, Gaung Persada Press, Jakarta.

Milfayetty, S., Yus, A., Nuraini, Rahmulyani, Hutasuhut, E., Zulhaini, (2015), Psikologi Pendidikan, UNIMED, Medan

Purwanto (2011), Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Rusman, (2013), Aktifitas Belajar dan Pembelajaran Inovatif Remaja Bandung.

Sadirman, A., dkk, (2009), Media Pendidikan, Rajawali Press, Jakarta.

Sihombing, M., (2010), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Besaran dan Satuan Di Kelas X Semester I SMA Methodist 8 Medan T.A 2009/2010 , Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin, R, E, (2005), Cooperatif of Learning Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.

Sudjana, (2005), Metode Statistika., Tarsito, Bandung.

Sudjana, N, (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Rosdakarya,

Remaja Bandung .

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-regresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

W, Lorin. Dkk. (2015), Implementasi Model Group Investigation (GI) Berbasis Masalah Kontekstual Dipadu penilaian Proyek Pada pembelajaran Fisika di MA, Jurnal Edukasi UNEJ, 2 : 20-23




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12540

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter