Pembuatan E-Modul Berbasis Saintifik Berbantuan Sigil Software Pada Materi Fluida Statis Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Selesai T.P 2022/2023

Authors

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Saintifik, Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validitas pengembangan e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis, (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis, (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Selesai yang berjumlah 30 orang peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap e-modul berbasis saintifik, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan e-modul berbasis saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 88,7% dan ahli media 91,4% %. (2) tingkat kepraktisan media video eksperimen berbasis saintifik yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon dari salah satu guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 93,7%. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan melibatkan 10 responden dengan presentasi 81,8% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 30 responden memperoleh presentasi sebesar 83,1% dengan kriteria sangat praktis (3) tingkat keefektifan e-modul berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang telah dikembangkan yaitu kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain sebesar 0,73. Maka disimpulkan bahwa e-modul dapat dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan

References

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika (SNF) UNESA. 81-85.

Anggraini, R., Hendri, M., & Basuki, F,R. (2017). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Pembelajaran Fisika

Aisy, D. R., Farida., Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61-71.

Cecep, K., & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor:Ghalia Indonesia.

Daryanto, (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (diakses Februari 2021).

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu, SMP/MTs. Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Download Sigil, https://www.youtube.com/@PotretMatematika diakses 16 Mei 2023

Farah, Y., dan Tanjung, R. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 14 Medan T.P. 2014/2015. Jurnal Inpafi, 3(4).

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E- Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hidayat, R., dkk. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan format Epub. TEKNOSI. 3(1).

Hosman, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendikbud. (2013). Pendekatan Saintifik. Jakarta : Kemendikbud.

Liana, Y. R., Ellianawati., & Hardyanto, W. (2019). Pengembanagan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. ISSN: 2686-6404, 926-932.

Palentina, M., dan Bunawan, W., (2017). Implementasi Pedagogical Content Knowledge (Pck) Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls. Jurnal Inpafi, 5(3).

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta : DIVA Press.

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sari. (2015). Pengembangan LKS Memanfaatkan Laboratorium Virtual Pada Materi Optik Fisi Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 3 (2).

Sekar Sari, Anggri. (2016). The Development of Digital Book through Sigil Application in Cookies and Candys Lessons, JURNAL SCIENCE TECH, 1(48).

Sugianto. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yumapustaka.

Sukiminiandari, Y.P., (2015), Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik, Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(4).

Syahbana. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning,. Edumatica, 2(1).

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif,. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tukiran, T., & Miftah, F. E. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, I., Amdani, K., & Hamjah, M. H. (2015), Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru Fisika. Jurnal Inpafi, 3(2)

Widodo, Chomsin, S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wijayanto, & Saifuddin Zuhri, M. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625-628.

Downloads

Published

2025-06-25