Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Ratna Tanjung, Sinta Stevani Br Gultom, Ratna Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 21 Medan dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang berjumlah 8 soal yang sudah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 72,48 dan kelas kontrol adalah 63,67. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan hasil thitung > ttabel (3,946>1,669) dan pengujian effect size diperoleh hasil 1,17 ≥ 0,8 dengan kategori tinggi maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke.  

Keywords


problem based learning; kemampuan pemecahan masalah; elastisitas dan hukum hookei

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. Newyork: McGraw Hill.

Aristawati, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 1-11.

Firdausi, E. A., Suyudi, A., dan Yuliati, L. (2020). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa SMA. JRPF: Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 69-72.

Firmansyah, Sukarno, Kafrita, N., dan Farisi, S. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(2), 75-82.

Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User's Manual. United State: Departement of Education.

Hidayah, S. N., Pujani, N. M., dan Sujanem, R. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA 2 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 42-52.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., dan Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional Pascasarjana, 2, pp. 701-707.

Mayanti, A., Poluakan, C., dan Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9-14.

Putri, Y. E., Lesmono, A. D., dan Ismanto. (2020). Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Mathematics and Engineering). Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 9(4), 147-151.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, N. I., dan Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 12-22.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i4.52528

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter

 

slot gacor slot