PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan Proses Sains siswa pada materi pokok fluida statis kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-14 dengan 41 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 dengan 41 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu ketrampilan proses sains berupa lembar kerja siswa (LKS) dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh > (4.04 > 1.67), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida statis kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76.98 tergolong ke dalam kategori aktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Derlina dan Afriyanti, L. (2016). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media Visual Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2016, Tahun XXXV, No. 2: 153-163
Hutagalung, A. M. (2013). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Media Komputer Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 2(2): 9-16
Hutapea, F., dan Motlan. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, ISSN 2252-732X: 55-62
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching. Yogyakarta: Percetakan Pustaka Belajar
Mulbar, U. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2015, Tahun XXXIV, No.2, 278-287
Murtiningsih, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas X Semester Genap Di SMA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016. Medan: Skripsi, FMIPA, UNIMED
Sani, R. A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training (Latihan Inkuiri) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika Volume 2(2): 16-22
Sheba, M. N. (2013). An Anatomy of Science Process Skils In The Light Of The Challenge to Realize Science Instruction Leading To Global Excellence in Education. Vol.2, No.4, April 2013: 108-123
Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Yusra, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II MAN Kabanjahe T.P. 2014/2015. Medan: Skripsi, FMIPA, UNIMED
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.5764
Article Metrics
Abstract view : 515 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142