PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

akhyani nasution, Mukti Hamjah Harahap

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X SMA. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 9 Medan. Pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai 8 soal dan lembar penilaian aktivitas. Uji hipotesis penelitian ini adalah uji t. Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 30,3 dan kelas kontrol 32. Rata-rata postes untuk kelas eksperimen 60,4 dan kelas kontrol 52. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata aktivitas siswa adalah sebesar 65,31 kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak pada α = 0,05 diperoleh thitung>ttabel atau 6,46>1,66 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi fluida statis kelas X SMA.


Keywords


Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar; Macromedia flash

Full Text:

PDF

References


Shiddiqy,A.R.A.,(2016), Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016,Skripsi,FMIPA, Unimed, Medan.

Firmansyah, A., Kosim., Ayub, S. (2015). Pengaruh Model Berbasi Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X Siswa SMAN 1 Gunongsari Kabupaten Lombok Barat T. P. 2014/ 2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi: 154-159.

Miski,R.,(2015),Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa,Ta’dibi,Volume 4 Nomor 2:69-73.

Annovasho, J., dan Budiningarti, H., (2014), Pengaruh model pembelajaran Berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X peminatan MIPA pada pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 03: 20-26

Fatonah, S dan Zuhdan.,(2014), Pembelajaran Sains, Penerbit Ombak, Yogyakarta.

Karantzas, G.C., et, al, (2013). Enhancing critical analysis and problem-solving skills in undergraduate psychology: An evaluation of a collaborative learning and problem-based learning approach. Australian Journal of Psychology, 65(1), 38-45.

Whitcome,S.W.,(2013), Problem Based Learning Students Perceptions Of Professional Knowledge and Identity: Occupational Therapists as ‘Knowers’ British Journal Of occupational therapists. Vol. 76, No.1, pp.37-42.

Chagas, I,et.al, (2012). Problem based learning in an online course of health education. European Journal of Open, Distance and E-Learning.

Arends, R.I., (2008), Learning to teach,Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mykytyn, K., et. All.,(2008). The use of problem-based learning to enhance MIS education. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 6(1), 89- 113.

Deeter-Schmelz, D. R., et, all.,(2002). Enriching our understanding of student team effectiveness. Journal of Marketing Education, 24(2), 114-124

David,T. & Barbara,M., (1999), Problem Based Learning, Association For Medical Education In Europe (AMEE), Dundee, UK.

Krech, David dkk., (1999), Sikap Sosial (Terjemahan), Pusat Pembinaan dan Pemgembangan Bahasa-Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Jost, K. L., Harvard, B. C., and Smith, A. J. (1997). A study of problem-based learning in a graduate education classroom. In Proceedings of Selected Research and Development Presentations at the 1997 National Convention of the Association for Educational Communications and Technology, February 14–18, Albuquerque, NM (ERIC Document Reproduction Service No. ED 409 840).

Allen, M.J dan Yen, W.M., (1979), Introduction To Measurement Theory, Brooks/ Cole, Monterey.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i3.6896

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter