PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II di SMA Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 30 siswa. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 8 soal yang sudah divalidkan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,46 dan nilai nilai rata-rata kelas kontrol adalah 24,13. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 68,9 dan kelas kontrol adalah 53,76. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 7,52 sedangkan ttabel = 2,002. Karena thitung > ttabel (7,52 > 2,002) maka Ha diterima. Dengan menggunakan uji t diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khairul Amdani dan Achmad Suriyadi., (2015), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas IX Semester I SMP Swasta Sabiling Tembung. Jurnal Infani Vol 3 No. 1:114.
Manurung, V.T. (2015),Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton dan Gaya Gesek di Kelas X semester I SMA Negeri 7 Medan T.P. 2014/201. Medan: Skripsi,FMIPA, UNIMED
Murtiningsih, Eka.,(2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Proses sains Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di kelas X semester Genap SMA Negeri 3 Medan T.P. 2015/2016, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Rahman., R.A. (2015), Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI, Jurnal TIK Vol 1 No 2.
Sirait, R., (2015), Pengaruh Model pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas VIII Semester 1 MTsN 3 Medan T.P. 2015/2016, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Fitriani. (2014). Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas Kelas XI Semester I di MAN 1 Medan T.P 2013/2014.Medan: Skripsi, FMIPA, UNIMED.
Manurung, T, V, M.,(2014), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton dan Gaya Gesek di Kelas X semester I SMA Negeri 7 Medan T.P. 2014/2015, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Melinda, F.H. (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran dan Satuan Kelas X Semester I SMA Negeri Tanjung Morawa T.P. 2014/2015, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Ngalimun. (2014), Strategi dan Model pembelajaran, Aswaja Pressindo, Yogyakarta.
Nurhayati. (2014), Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Softwere Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak, Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 4 No 2.
Sudjana, N., (2014), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Tanjung, R., (2014), Media Pendidikan Sains Fisika, Unimed Press, Medan
Wahyuni, Siti., (2014), Fisika untuk SMK dan MAK Kelas X, Sinektika Parbuesa, Jakarta.
Wahyuningsih, Retna.,(2014), Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Media Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta, Jurnal Vol 3 No.102.
Fatimah, Siti dan Irma Safitri., (2013), Fisika untuk SMA/MA Kelas X, Masmedia, Solo.
Hamalik,O., (2013), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Sakti, Indra, (2013), Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Sma Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Exacta Vol X No 1.
Sukiyasa, Kadek., (2013), Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem kelistrikan Otomotif, Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3 No 1.
Sutirman., (2013),Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Tanjung, R, Turnip, B., (2013), Evaluasi Proses Hasil Belajar Fisika, UNIMED PRESS, Medan.
Hasibuan, Laminar.,(2012), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton dan Gaya Gesek di kelas X semester I SMA Negeri 1 PAHAE JULU T.P. 2012/2013, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Istarani. (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.
Hamzah,B., (2011), Model Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E., (2011), Models Of Teaching, Percetakan Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Rusman. (2011), Model-Mode Pembelajaran, Rajawali Press, Jakarta.
Sanjaya,W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Sani, R.A. (2011). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman., (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo, Persada, Jakarta.
Daryanto. (2010), Belajar dan Mengajar, Bandung, Yrama Widya.
Trianto. (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Penerbit Kencana, Jakarta.
Arikunto, S., (2003), Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana, N., (2002), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i2.6897
Article Metrics
Abstract view : 830 timesPDF - 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142