PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI KEMAGNETAN DI SMP

Azhari Pardomuan Hutasuhut, Rahmatsya Rahmatsya

Abstract


Telah dilakukan penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas IX semester genap pada sub materi kemagnetan di SMP Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Semester II SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas IX-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-8 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,000 dan kelas kontrol adalah 40,000 setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,333 dan kelas kontrol 63,000. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Melalui uji t diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub materi kemagnetan di SMP Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017.

Keywords


Quasi Eksperimen ; Inquiry Training ; Konvensional

References


Fhitriani., Sinuraya, J., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Pengukuran Kelas VII Semester 1 MTs N 2 Medan, Jurnal INPAFI, Volume 1 (1) Hal: 34-60.

Gillani,B.B.,(2010), Inquiry – Based Training Model and the design of E – Learning Environments, Inquiry Training and E-learning, Volume 7 Hal: 1-9.

Ihsan,F.,(2011), Dasar-Dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Joyce,B., Weil,M. & Calhoun, E,(2009),Model-Model Pembelajaran, Edisi Delapan, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Masruro, L, Indrawati, & Harijanto,A.,(2015), Model Pembelajaran Inquiry Training Disertai Tehnik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Panji, Artikel Ilmiah Mahasiswa, Volume I (1) Hal: 1-4.

Pandey.A, Nanda. G.K., and Ranjan.V., (2011), Effectiveness of Inquiry Training Model over Conventional Teaching Method on Academic Achievement of Science Students in India, Journal of Innovative Research in Education. Volume 1 (1) Hal: 7-20

Sanjaya,W., (2011), Srategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses pendidikan, Kencana, Jakarta.

Trisno, Kendek, Y., dan Pasaribu, M., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Siswa SMP Negeri 9 Palu, Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Volume 2 (1) Hal: 14-20.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i4.6918

Article Metrics

Abstract view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter