STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP AMIR HAMZAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi dasar Fisika dan aktivitas siswa SMP, melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, melibatkan 40 orang siswa kelas VIII – 1 SMP Amir Hamzah Medan. Kompetensi dasar Fisika yang disasar meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Data tentang kompetensi kognitif dikumpulkan dengan metode tes, menggunakan pemahaman konsep, data tentang kompetensi psikomotor dan kualitas aktivitas pembelajaran siswa dikumpulkan dengan metode observasi menggunakan pedoman observasi, sedangkan data tentang kompetensi afektif siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner menggunakan angket. Semua data penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menentukan rererata masing-masing data dan dijustifikasi pada masing-masing indikator. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi dasar Fisika siswa dapat ditingkatkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barbara. J. Duch. Deborah E. allen and Harold B. White, III.2002. Problem-based learning : preparing student succed in the 21 st century. University of Dalaware. http://www.podnetwork.org
Boud, D. and Feletti, G. 1997. The challenge of problem based learning. London. Kogan
Barrows Howard. 1996. New Direction for Teaching and Learning “Problem-Based Learningin Medichine and Beyond; Abrief Overview” . Jossey Bass Publishers
Davis, P. R. Intregrating a problem-based learning approach into undergraduate teaching. Departement of Construcction and Planning. pdavis@arch.curtin.edu.au
Depdiknas. 2004. Standar kompetensi mata pelajaran sains. Jakarta: Dirjen Pendidikan.
Dorothy L. Gabel. 1994. Handbook Of Research On Science Teaching and Learning (A Project of the National Science Teachers Association). Macmillan Publishing Company. New York.
Gallagher et al. 1995. Shool Science and Mathematics “Implementing Problem-based Learning in Science Classrooms” Chicago Academy of Science.
Heller,P. et al. 1992. Teaching Problem Solving Through Copertaive grouping Part 1: Group Versus individual Problem Solving. American Journal physics . July 1992 (627 – 636).
.............. 1992. Teaching Problem Solving Through Copertaive grouping Part 2: Designing Problem and Structuring Groups. American Journal physics . July 1992 (637 – 644).
Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya;UNESA-University Press Surabaya.
Ibrahim, M dan Nur, M. 2004. Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya;UNESA-University Press Surabaya.
Santyasa I. W. 2003. Assesmen Dan Kriteria Penilaian Hasil Belajar Fisika Berbasis Kompetensi. Makalah Disajikan Dalam Semlok Bidang Peningkatan Relevansi Progrm DUE-Like Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
Savoie J M. & Andrew S H, 1994. “ Problem-Based Learning As Classroom Solution” Educational Leadership
Stepien W & Gallagher S. 1993. “ Problem-Based Learning As Authentic at It Gets” Educational Leadership
Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pembelajaran. Yogyakarta. Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i2.7776
Article Metrics
Abstract view : 295 timesPDF - 241 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142