PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 9 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator, (2) Lembar observasi adversity qoutient yang terdiri atas 20 soal yang telah valid dan (3) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2X2. Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity qoutient tinggi dan adversity qoutient rendah. Hasil uji hipotesis mengunakan ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh model pembelajaran berbasis masalah memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional, siswa yang memiliki adversity qoutient tinggi memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari siswa yang memiliki adversity qoutient rendah serta tidak ada hubungan antara model dengan adversity quotient, dapat diartikan bahwa adversity qoutient berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar fisika dalam model pembelajaran berbasis masalah dan model konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I., (2012), Learning to Teach ninth Edition, McGraw-Hill, New York.
Budiada, I Wayan. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan.(Hal. 1- 16).
Stoltz, Paul C. (2000). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Gramedia.
Wismayana, Ngurah Putu. (2007). Pengaruh Model Belajar Berbasis Masalah dan Adversity Quotient Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Konsep Diri Siswa Sma Negeri 4 Singaraja. Abstrak Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 2, 21-22).
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7778
Article Metrics
Abstract view : 243 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142