PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BUNYI

Nurhafizah Tanjung, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok Bunyi di SMP Negeri 3 Air Putih T.P 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelas eksperimen dengan model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,43 dan kelas kontrol 64,57. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Dengan kata lain hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok Bunyi.


Keywords


Team Games Tournament; Aktivitas; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Mahulae, L. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Pada Materi Persamaan Keadaan Gas Ideal Di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. Jurnal Inofasi Pembelajaran Fisika (Inpafi). Vol 2 (2):129-135. Di akses dari http://e-jurnal.unimed.ac.id

Miyati, S M.,dan Noviandini, D. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Tipe Physics Snakes and Ladders Game pada Pembelajaran Tentang Cermin Cekung. Jurnal Pendidikan Sains, ISSN : 2087-0922,Vol.4.No.1. Di akses dari http://repository.uksw.edu

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Theori, Research, dan Praktice, London: Allymamd Bacon.Terjemahan yusron, N.(2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sudjana. (2001). Metoda Statistik. Bandung: Tarsito

Turnip, I.F. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Disertai Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), Vol 2 (2) :210-219. Diakses dari http://e-jurnal.unimed.ac.id

Tanjung,N.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Air Putih T.P. 2015/2016. Medan: Skripsi, FMIPA, UNIMED




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7779

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter