PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 1 PATUMBAK

Suci Hardianti, Rita Juliani

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI RPL semester ganjil SMKN 1 Patumbak terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian dua kelas yang dilakukan dengan teknik purposive random sampling, kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,3 dan kelas kontrol adalah 38. Hasil uji normalitas data pretes kedua sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,2 dan kelas kontrol 62.2. Analisis uji t diperoleh thitung> Wi (5,2 > 1,67) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa akibat menerapkan model pembelajaran quantum teaching.


Keywords


quasi eksperimen; quantum teaching;hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adi,A,S.,(2013), Pengaruh

Pembelajaran Quantum

Teaching dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SM A Negeri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi, FIS, UNNES, Semarang.

DePorter,B-, (2010), Quantum Teaching Mempraktekan Quantum Leraning di Ruang- ruang Kelas, Kaifa, Bandung.

Hutagalung,R,N., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap^ Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMK Negeri 1 Talawi T. P. 2012/2013, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Mahardika, I., Harianjo,A., dan Nisak,A, (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis

Multirepresentasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Multirepresentasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2 No. 3, Desember 2013, hal 341-346

Maknun,J.,Liliasari.,Suprapto,B., dan Djohar,A., (2008), Analisis Kemahiran Generik yang Dikembangkan Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Topik Kinematika Partikel, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. V No. 13

Ma'aruf,Z „Salamiah,S., (2008), Pembelajaran Quantum

Teaching dengan Pendekatan Multi Kecerdasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika, Jurnal Geliga Sains Vol 2, hal 32-39

Siiberman,M., (2009), Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta.

Simarmata, R., (2014), Implementasi Model Pembelajaran

Quantum Teaching

dalamPeningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Fluida Dinamis di Kelas XI- IPA 3 SMA Negeri 1 Hamparan Perak, Jurnal Saintech Vol. 06

Sudjana.,(2001),Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-

Progresif : Konsep, Landas an, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kcncana, Jakarta.

Wena,M.,(2011), Strategi

Pembelajaran. Inovatif

Komtemporer, PT Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7792

Article Metrics

Abstract view : 684 times
PDF - 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter