PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TP. 2015/2016

Muda Hartini T M Sitorus, Sehat Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 270 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes soal pemecahan masalah bentuk essay dengan jumlah 10 soal, observasi aktivitas, penilaian afektif dan penilaian keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016. 


Keywords


problem based learning;kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arends, R. L, (2008), Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bell, J., (2012), Introducing Problrm Base Learning As A Learning Strategy For Masters Students, Practitioner Research In Higher Education. Vol.31, No.9, pp. 1157-1174. Derlina, Dkk, (2013), Pengruh Model Pembelajaran Berbasis

Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi

Pokok Optik Geometri Kelas X Sma St.Yoseph Medan, Jurnal Presiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013.

Djamarah, S. B., dan Zain, A., (2013), Strategi Belajar Mengajar, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Gagne, Robert M. 1983. Some Issues in the Psycology of Mathematics Instruction Journal for Reasearch in Mathematics Education, Vol. 14, No. 1 pg. 7-18

Jihad, A., dan Haris, A., (2012), Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo, Yogyakarta.

Sanjaya, W., (2008), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.

Sudjana, (2005), Metoda Statistika. Penerbit Tarsito, Bandung.

Supriawan, G. C., (2012). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Komputer Makro Media Flash ". Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (3), 291-293

Trianto., (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-

Progressif, Kencana, Jakarta.

Whitcombe, S. W., (2013;, Problem- based learning students ' perceptions of professional knowledge and identity: occupational therapists as 'knowers' British Journal Of occupational therapists. Vol. 76, No. 1, pp. 37-42




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7793

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter