PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubukpakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar afektif dan psikomotorik siswa. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubukpakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akınoğlu, Orhan and Ruhan Özkardeş Tandoğan,(2007), The Effects of Problem Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning, Marmara Üniversitesi, Eurasia Journal of Mathematics, Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education 3:71-81
Arends, R.I., (2008), Learning To Teach, Purtaka Pelajar, Yogyakarta.
Hasanah, R., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Fluida Dinamis Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Kisaran T.A 2014/2015, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan.
Khairida, dkk., (2009), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol: 5, UNNES, Semarang.
Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada Media Grup, Jakarta.
Tika, I Ketut, (2008), Penerapan Problem Based Learning Berorientasi Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Fisika Untuk meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 3:648-700
Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta.
Yasa,Putu, (2007), Strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas viii SMP N 2 Singaraja, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 3:622-637
Yoesoef, (2015), Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri, Jurnal Pinus Vol. 1 No. 2, Kediri.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7796
Article Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142