PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 BINJAI T.P 2015/2016

Libri Sinaga, Betty M Turnip

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 19,69 dan pada kelas kontrol sebesar 18,81. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 71,57 dan kelas kontrol 55,33. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 2 Binjai T.P.2015/2016.


Keywords


model pembelajaran berbasis masalah; kemampuan pemecahan masalah; listrik dinamis

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard, I., (2008), Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Jilid I, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arends, R., I, (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Jilid II. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Celik, Pinar dkk, (2011). The Effects of Problem-Based Learning on The Students’ Success in Physics Course, Procedia Social and Behavioral Sciences.28 (656-660).

Douglas, C.G., (2001), Fisika Edisi Kelima Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Gredler, Margaret., E, (2012), Learning and Instruction, Kencana, Jakarta.

Hamalik, Oemar., (2012), Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Sudjana, (2005), Metoda Statistika, Tarsito Bandung, Bandung.

Trianto., (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Turnip, M., Betty., Maidita, Nisa., (2015), Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Selesai, Jurnal Ikatan Alumni Fiska Universitas Negeri Medan,1 (7-13).




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7806

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter