PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWADIKELAS XII SEMESTER I SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Muhammad Samsir Khusairi, Jafri Haryadi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM), terhadap hasil belajar fisika siswa. Tujuan dan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) terhadap hasil belajar fisika siswa dengan hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes yang berbentuk esay yang terdiri dari 10 item dengan nilai 10 bila menjawab benar dan nilai 0 bila menjawab salah. Sehinga nilai maksimun yang diperoleh adalah 100, dimana soal ini disusun berdasarkan KTSP. Variabel bebas  penelitian ini yaitu X1 pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dan X2 model pembelajaran konvesional. Sedangkan variable terikat yaitu Yhasil tes belajar fisika siswa. Adapun hasil penghitungan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) diproleh rata-rata hitung 32,5 dan simpangan baku 48,8. Rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata hitung  32,5 dan simpangan baku 32,5. Harga  3 dan  1,695. Dari hasil analisis data tersebut maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai.


Keywords


Pembelajaran Berdasarkan Masalah ; PBM; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto .(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik, Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, A.,(2007), Media Pembelajaran,PT, Grafindo Persada, Jakarta.

Marlinda, (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah, Tesis, Undiksha Press, Bali.

Salam, B.,(2004). Cara belajar yang sukses di perguruan tinggi, jakarta : Rineka Cipta

Rusman, (2010). Model-model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo

Sudjana. (2005). Model-model pembelajaran, Bandung : Tarsito

Sabri Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar : Ciputat : Quantum Teaching

Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

Usman dan Husaini, P. (2011). Model-model pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Kusumah Wijaya dan Dwitagma Dedi. (2011). Mengenal penelitian tindak kelas, jakarta : Permata Puri Media

www.pikiranrakyat.com/cetak/2006/042006/03/99forumguru.htm




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7825

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter