PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di selas X semester II SMA Katolik Trisakti Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan desain penelitian control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing siswa berjumlah 35 orang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) diperoleh ada pengaruh yang akibat penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar pada materi pokok suhu dan kalor di selas X semester II SMA Katolik Trisakti Medan T.P. 2015/2016.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., ( 2009), Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Arends, R. I., (2012), Learning to Teach Ninth Edition, New York, McGraw Hill, terjemahan Frida, Y. M., (2013), Belajar untuk Mengajar Edisi 9 Buku 1, Jakarta: Salemba Humanika
Manurung, S.R., 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbantu Multi Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di Kelas XI Semester II SMA N. 4 Medan T.P 2014/2015, Prosiding Seminar Bersama, ISSN:978-983-44636-9-4, Institut Pendidikan Guru Kampus: 529-541
Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Grup
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, (2005), Metode Statistika, Bandung: Tarsito
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7826
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142