PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI KOMPUTER PADA MATA KULIAH FISIKA SEKOLAH

Teguh Febri Sudarma

Abstract


Mata Kuliah Fisika Sekolah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan fisika jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan. Mata kuliah ini mempelajari arti konsep, konsepsi, miskonsepsi, remidiasi, peta konsep serta menguasai konsep-konsep fisika yang diajarkan di sekolah, menguasai cara-cara mengatasi miskonsepsi, memberikan remidiasi dalam belajar fisika dan mampu menjelaskan penerapan konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Maka perlu disusun sebuah media pembelajaran yang membuat materi fisika tersebut menjadi ilmu yang mudah dipahami, di antaranya dengan memanfaatkan fasilitas-fasiliatas yang sudah ada seperti penggunaan teknologi komputer. Subjek penelitian ini adalah paket belajar Fisika berbasis komputer pokok hukum-hukum newton tentang gerak pada matakuliah fisika sekolah dengan menggunakan software Macromedia Flash 8. Paket disusun dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Program diuji oleh pakar bidang studi Fisika dan pakar media untuk mengetahui tingkat kelayakan media (program) mendapat kategori baik berdasarkan kriteria/indikator yang telah ditentukan, kemudian hasil efektifitas media terhadap hasil belajar siswa mendapat kategori baik, yang artinya penggunaan media pada mahasiswa memilki pengaruh yang signifikan.


Keywords


Perancangan Media; Model Pengembangan ADDIE,; Dinamika Hukum Newton,

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Guardian. 2016. Pendidikan Indonesia Berada d Peringkat ke 57 Dunia Versi OECD. (https://edupost.id/international/pendidikan-indonesia-berada-di-peringkat-ke-57-dunia-versi-oecd/). Di download pada 28 April 2016.

Hanggoro, Suryo. 2009. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Komputer Untuk




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7827

Article Metrics

Abstract view : 479 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter