ANALISIS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPTD. SD NEGERI 08 SISUMUT T.A 2024/2025
Abstract
ABSTRACT
This research aims to determine parents' attention to students' mathematics learning outcomes based on Piaget's theory of cognitive development and the involvement of students' parents to analyze how parents pay attention to students' mathematics learning outcomes. This type of research is qualitative with a case study approach. The subjects of this research were 14 parents representing 25 students in class V-A UPTD SD Negeri 08 Sisumut T.A 2024/2025. The data collection technique is a multiple choice test with 18 questions as well as student report cards and interviews with parents of class V students. The results of the research show that parents who have high attention do not guarantee that children will have high learning outcomes, in fact some their children have low learning outcomes. However, it can also be seen that parents who provide good attention also have a good impact on children, which shows that children's math scores are high. And conversely, parents who give poor attention to their children show that their children's math scores are relatively low.
Keywords: Attention Analysis, Parents, Cognitive Development Theory Piaget and Parental Involvement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan teori perkembangan kognitif Piaget dan keterlibatan orang tua siswa untuk menganalisis bagaimana perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 14 orang tua siswa yang mewakili dari 25 siswa kelas V-A UPTD SD Negeri 08 Sisumut T.A 2024/2025. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan berganda yang berjumlah 18 butir soal serta nilai raport siswa dan wawancara dengan orang tua siswa kelas V. Hasil penelian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki perhatian tinggi, ternyata tidak menjamin bahwa anak akan memiliki hasil belajar yang tinggi, bahkan sebagian anak mereka memiliki hasil belajar yang rendah. Namun terlihat juga dari orang tua yang memberikan perhatian baik juga memberikan dampak yang baik bagi anak, dimana menunjukkan bahwa nilai matematika anak tinggi. Dan sebaliknya juga orang tua yang memberikan perhatian yang kurang baik kepada anak menunjukkan nilai matematika anak tergolong rendah.
Kata Kunci: Analisis Perhatian, Orang Tua, Teori Perkembangan Kognitif Piaget dan Keterlibatan Orang Tua Siswa
Full Text:
PDFReferences
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. In Yogyakarta Press (Pertama). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.
Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik. In A. Royani (Ed.), Uinjkt.Ac.Id (I). Publica Indonesia Utama.
Salmina, Mik & Adyansyah, F. (2017). Analisis miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Semester Genap Kelas X IPA SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 23-29.
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.
Saputri, E. M. (2023). Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 1–15.
Saputri, E., & Rizkia Pangestika, R. (2021). Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(4), 1885–1894.
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244.
Sinambela, Arifin Siregar, Daitin Tarigan, Erlinda Simanungkalit, & Putra Afriadi. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 122368 Kota Pematang Siantar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 180–192.
Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.
Article Metrics
Abstract view : 8 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.