PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang (kubus dan balok) di kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental (Nonequivalent control group design), hasil menunjukkan model ini berdampak positif dan signifikan. Skor rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 36,7 dan kelas kontrol 32,27. Setelah perlakuan, skor rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 82,5, sedangkan kelas kontrol 71,36. Peningkatan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 45,8, sementara kelas kontrol meningkat 39,09. Uji statistik menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, dengan hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan (thitung = 14,607 > ttabel = 2,139), sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, model Two Stay Two Stray memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 8 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.