PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS III SDN.83 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan sisi positif dari penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan sampelnya kelas III-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 55,5 sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 48,25. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran tipe think pair share diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 78,25 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 62,25 dengan kategori kurang. Pada pengujian Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh positif dan signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share pada pokok bahasan Teknologi Pangan kelas III di SD Negeri 064983 Medan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 5 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.