ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C KELAS V SDN 066056 MEDAN DENAI

Nadia Lorent Tambunan, Khairul Usman, Apiek Gandamana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya literasi sebagai upaya meningkatkan keterampilan 4C, yaitu critical thingking (berpikir kritis), communication (komunikasi), collabaration (kolaborasi) dan creativity (kreativitas) di SD Negeri 066056 Medan Denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode purposiv sampling yang melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Kuesioner dibagikan kepada siswa kelas V untuk mengetahui persepsi mereka terhadap kegiatan literasi dan keterampilan 4C. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wali kelas, serta guru mata pelajaran untuk memahami praktik literasi yang diterapkan dan tantangan yang dihadapi. Observasi dilaksanakan untuk menilai implementasi kegiatan literasi dan dampaknya terhadap keterampilan 4C siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi SD Negeri 066056 Medan Denai, seperti membaca bersama, berdiskusi, dan menulis, telah memberikan kontribusi positif terhadap siswa. Namun, penerapan berpikir kritis masih belum merata diantara siswa, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan membaca. Tantangan utama yang dihadapi termasuk kurangnya minat membaca dan kesulitan dalam membaca. Untuk meningaktkan efektivitas budaya literasi dalam pengembangan keterampilan 4C, disarankan untuk menyediakan bahan bacaan yang lebih variatif dan relevan dengan minat siswa, menggunakan media pembelajaran yang lebih sesuai dan inovatif, seperti buku cerita, video edukatif dan komik, dapat membantu mendukung keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai pentingnya budaya literasi dalam meningkatkan keterampilan 4C kelas V SD Negeri 066056 Medan Denai.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.