PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD TAMAN SISWA DISKI TAHUN AJARAN 2022/2023

Anggi Tanjung, Nizmi Putri, Mastari Ramadhani

Abstract


Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas V SD Taman Siswa Diski dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Taman Siswa Diski Tahun Ajaran 2022-2023. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Kelas V SD Taman Siswa Diski, Kelas V A sebagai sebagai Kelas Kontrol dan Kelas V B sebagai kelas Experimen. Hasil tes tentang pengaruh Model Pembelajaran Portofolio (X) dan Kesulitan Belajar Siswa (Y) kelas V SD Taman Siswa Diski Tahun Ajaran  2022/2023, Adanya pengaruh dari menggunakan Model Pembelajaran Portofolio telah terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa Kelas V SD Taman Siswa Diski Tahun Ajaran 2022/2023 memberikan hasil yang positive. Dari hasil Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Model Pembelajaran Portofolio  dengan katagori baik, dan hasil ini ternyata diikuti pula dengan Kesulitan belajar siswa termasuk dalam katagori baik dengan nilai rata-rata para kelas eksperimen 82,2. Diketahui bahwa perhitungan variabel X didapat nilai rata-rata 82,2 dan standart daviasi 9,06. Dan variabel Y didapat nilai rata-rata 51,67 dan standart daviasi 7,81. Dari perhitungan hipotesis harga th = 0,06 signifikasi koefisien hipotesis tersebut dikonsultasikan dengan tabel nilai t hitung. Harga t tabel dengan N = 60 pada taraf signifikasi 5% = 0,245. Hal ini ternyata 0,245 >. 0,06 Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil ujin hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi produk moment didapat thitung > ttabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Maka  ada Pengaruh Kesulitan belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Portofolio.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.