PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 065853 MEDAN

Viarawati Valentina Silaban, Lidia Simanihuruk, Lala Jelita Ananda, Septian Prawijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 065853 Medan. Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Selanjutnya, desain media pembelajaran dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan materi pembelajaran. Media yang dihasilkan kemudian diuji coba di kelas untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna. Sebelum uji coba produk dilakukan tahap uji kelayakan, validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 84% dengan kriteria “Sangat Layak”, sementara validasi oleh ahli media memperoleh nilai 83,3% dengan kriteria yang sama. Pada tahap uji praktikalitas, hasil validasi oleh praktisi mencapai 100% dengan kategori “Sangat Praktis”, dan angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil juga memperoleh kriteria “Sangat Praktis”. Tahap uji efektivitas diukur melalui nilai pre-test dan post-test peserta didik, yang menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 77,38% pada uji coba lapangan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran IPAS di kelas IV.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.