ANALISIS PERAN INOVASI DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 064966 JALAN SEHATI, KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA.

Nengsi Amelia Nainggolan, Fenny Rizky Amelia, Ade Kurnia Sari, Amelia Alifah Sagala, Ayu Novita Purba, Febry Nirhayati, Humaira Putri, Zainuddin Zainuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dan inovasi mengenai pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didorong oleh tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, khususnya dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V di SD 064966 Jln. Sehati. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa teknologi dan inovasi memiliki peran yang signifikan serta perkembangan yang positif dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar, contohnya penggunaan teknologi seperti video animasi dan presentasi powerpoint. media - media ini dapat menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif.

Full Text:

PDF

References


Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1),4352.https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Barr, M. (2018). Student attitudes to games-based skills development: Learning from video games in higher education. Computers in Human Behavior, 80, 283–294.

Blândul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 484–488.

Drucker, Peter F. 1985. Innovation and Entrepreneurship. New York: Harper Row.

Fembriani, F. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 100–106. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661

Junaedy, Ahmad Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 8(2), 133–146. https://doi.org/https://www.journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/2715/1541

Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19127

Lase, D. (2022). Keterampilan dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(2), 53–66. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.98

Maharani, D. M., & Mahmudah, I. (2024). Inhibiting Factors in Class VI Mathematics Learning at MIN 3 Palangka Raya. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382

Rahmat, H., et al. (2023). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Efektivitas Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(4), 89-97.

Setiawan, A., & Santoso, D. (2021). Tantangan Guru dalam Implementasi Media Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 45-56.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Wahyuni, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Media Animasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 123-132


Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot