Analisis Pengelolaan Kelas Yang Heterogen Saat Pembelajaran Olahraga di SMAS Al-ulum
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengelolaan kelas yang heterogen di SMAS Al-ulum Terpadu Medan. Dan mencari tahu strategi apa yang harus di lakukan di kelas agar memaksimalkan potensi yang dimiliki setiap siswa, dengan cara menyesuaikan karakteristik siswa dengan pembelajaran dan penilaian yang tidak hanya menggunakan satu strategi melainkan menggabungkan beberapa strategi, Pada penelitian ini mengunakan metode kualitatif melalui metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperlukan variasi metode pembelajaran, penyusunan pengelolahan kelas heterogen pada sekolah tersebut, Melalui perbaikan tersebut dapat menjadi lebih efektif dan efisien ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru seperti Menentukan tujuan pembelajaran, Memetakan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar, minat, profil belajar), Menentukan kegiatan pembelajaran (konten, proses, produk).
Full Text:
PDFReferences
bdullah, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kontemporer: Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. CV Cendekia Press.
Azan, K. (2019). Strategi Pemasaran Pendidikan: Analisis Faktor Determinan Pemasaran Pendidikan yang Mempengaruhi Mahasiswa Kuliah di STAIN Bengkalis. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 119–128.
Gufron, I. F. (2022). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Teks Berita Kelas VII di MTS Darul Hikam Kota Cirebon. Jurnal Latihan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pengajarannya, 1(1), 1–11.
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8.
Prihantoro, N. A., Warsono, W., & Sunarto, S. (2018). Analisis Isi Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 Kelas Vii Smp/Mts. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 1–10.
Syarif, M. (2013). Teori dan Model Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam. Media Akademika, 28(3), 333–362.
Umar, H. (2008). Manajemen Strategis dalam Tindakan. Trans. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yantoro, Y., Pamela, I. S., Purwati, E., & Ismaini, E. (2020). Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 37–46.
DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v20i1.59349
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA
JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , Universitas Negeri Medan
Alamat : Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kecamatan. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20221
Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Telepon Administrator: +62-85942206112 (Hanif Luthfi Siregar)